Wednesday 30 January 2013

Contoh Tugas Wawancara Wirausaha




BAB 1

·       Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.

·       Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang  lebih besar.










BAB 2

Bapak Rusidi, wirausahawan ini lahir di Sidoarjo, 19 April 1973. Ia memulai karirnya saat ia sejak tahun 2002. Saat itu dia di PHK dari pekerjaannya,setelah itu ia berfikir untuk memulai usaha nya sendiri,dengan kemempuan istrinya dalam membuat bakso dia,ia pun memutuskan berdagang bakso.Modal untuk berdagang bakso ini didapatkan pak Rusidi dari uang pesangon dari pekerjaanhnya dulu yaitu sekitar Rp.1.500.000 dia memulai usahanya.dimulai dengan membuat gerobak jual nya dan membeli bahan bahan untuk membuat bakso.pak Rusidi mengaku mendapat bahan bahan bakso dari pasar waru dan dalam proses membuat bakso istrinya yang menagani. namun setelah usahanya sudah siap dijual dia berjualan mengelilingi desa disekitar tempat tinggalnya,lalu ia pada akhir nya dia menemukan pelanggan yg banyak di sepanjang Jl.Sudirman.dan ia pun memutuskan berjualan di tempat itu.Menurut pak Rusidi cita rasa bakso yg bagus adalah dengan menggunakan bahan alami dan strategi menajemen yg baik. Kendala yang dialami pertama kali pada waktu pertama berdagang  adalah baksonya tidak laku banyak karena belum ada pelanggan yg mengetahuinya.Untuk mengatasi hambatan dalam usahanya, ia menjual produknya dengan harga yang miring sesuai kualitasnya serta dengan strategi manajemen yang baik untuk pemasaran serta pengembangan usahanya. Kunci sukses menurut Bapak Rusidi adalah tekun, bekerja keras, percaya diri dengan disertai do’a. Rencana yang ingin di capai di masa mendatang adalah mempunyai Restoran  yang dapat menghasilkan di masa mendatang.




BAB 3

Kesimpulan :
1.       Sebagai suatu kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan kiat, dasar, sumber daya, proses, dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi risiko.
2.     Disiplin Ilmu Kewirausahaan dalam perkembangannya mengalami evolusi yang pesat.
3.      Berkembangnya bukan pada dunia usaha semata melainkan dibidang industri, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan instansi lainnya.
4.     Kewirausahaan dapat dijadikan kiat bisnis.

Ditulis Oleh : kevin // 8:50 pm
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar..