Wednesday 9 January 2013

Menginstall ulang WinXP









Cara Menginstall:



a. Hidupkan PC (komputer dan masukkan CD instalasi Window XP ke dalam CD-ROM. Jangan lupa Anda harus mengatur konfigurasi BIOS supaya system Anda dapat booting melalui CD-ROM, caranya sebagai berikut.

1)    Untuk mengganti booting awal ke CD-ROM Anda bisa masuk ke BIOS dengan cara menekan secara terus-menerus tombol DEL yand ada di keyboard begitu komputer dihidupkan. Otomatis tampilan layar monior akan menuju BIOS biasanya warna biru, kemudian Anda cari submenu yang memanajemen booting (biasanya submenu advance BIOS feature-boot sequence/first boot).
2) Jika setelah tekan tombol DEL komputer tidak mau masuk ke BIOS maka coba tekan tombo F2 atau F12 tergantung dari tipe motherboardnya, berbeda tipe motherboardnya berbeda pula setting BIOS-nya.
3) Jika motherbardnya Anda keluaran terbaru, untuk mengganti booting awal ke CD-ROM Anda cukup menekan tombol F8 atau F10 atau F11 begitu komputer di hidupkan.

b. Setelah proes booting berhasil maka akan muncul tampilan seoperti di bawah dan kemudian ada tulisan press any key to boot from cd, maka Anda harus menekan salah satu tombol di keyboard Anda (misal tekan Enter).

c. Anda akan berada pada layarWindows XP Setup (tulisan Windows Setup berada di pojok kiri atas), tunggu proses sampai selesai. Pada proses ini Windows memasukkan driver-driver untuk peripheral tertentu. Tahapan pertama instalasi Windows menunggu selama 39 menit untuk menginstal Windows XP.


d. Kemudian, muncul layer Windows XP Professional Setup (tulisan inin juga berada pada pojok kiri atas). Di layer ini Anda akan dihadapkan pada pilhan seperti:

1) To set up Windows XP now, press ENTER.
2) To repair a Windows XP installation using Recovery Console, press R.
3) To quit Setup without installing Windows XP, press F3.

Pada pilihan-pilihan tersebut Anda pilih yang teratas, yaitu tekan Enter.


  e. Selanjutnya Anda dihadapkan pada layer Windows XP Licensing Ageement dan bila Anda menyetujui maka tekan F8.

 f. Apabila komputer sebelumnya belum terinstal Windows XP maka pemakai akan dihadapkan pada tampilan sebagai berikut dan pemakai harus melakukan partisi harddisk trlebih dahulu, maka tekanlah Enter.
g. Setelah itu, Anda akan dibawa ke menu partition, seperti terlihat pada tampilan di bawah.
1) Untuk set up Windows, tekan Enter.
2) Untuk membuat partisi baru, tekan C.
3) Untuk membuang/delete partition, tekan D.

h. Selanjutnya Anda harus membuat partisi harddisk, maka tekan C Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti berikut.

Tuliskan besarnya ukuran partisi yang kita inginkan pada Create Partition of size ingat  Windows XP memerlukan free space minimal 1,5 gigabyte, tetapi sebaiknya untuk ukuran partisi yang dipakai untuk system Windows XP minimal 10 gigabyte. Selanjutnya setelah kita  menuliskan besarnya ukuran partisi maka tekan Enter. Buatlah partisi harddisk sesuai dengan kebutuhan Anda.

i. Setelah Anda dmembuat partisi pada harddisk, maka tentukan drive yang hendak Anda pakai untuk tempat instalasi Windows XP, biasanya letakkan pada drive C, maka arahkan ke drive C dan tekan Enter.
j. Selanjutnya Anda akan dihadapkan pada pilihan format partisi harddisk. Secara default Windows XP menggunakan format NTFS sebagai formatpartisinya, tetapi Anda bisa mengubahnya ke dalam format FAT apabila Anda menghendakinya, selanjutnya kita biarkan sebara default dan tekan Enter

k. Setelah Anda tekan Enter maka proses format akan berjalan, tunggulah proses format tersebut samapai selesai.
l. Apabila proses forma telah selesai maka proses selanjutnya adalah proses copying file-file Windows, tunggulah proses tersebut sampai selesai sampai muncul konfirmasi untuk me-restart komputer.
m. Konfrmasi untuk me-restart komputer, Anda bisa menunggunya atau langsung tekan Enter.
n. Setelah restart maka akan muncul layer loading Windows XP Professional dan akan membawa kita ke proses instalasi.


2. Langakah-Langakah Instalasi Windows XP Tahap Dua

Setelah proses prainstalasi pada bagian I, maka sekarang kita akan masuk ke dalam tahapan selanjutnya, yaitu proses instalasi Windows XP dan Finishing Installation. Untuk lebih memperjelas proses instalasi dan finishing, perhatikan tahapan-tahapan instalasi berikut!

a. Setelah proses instal bagian I telah selesai dengan baik, maka Anda akan dihadapkan pada tampilan sebagai berikut.
b. Selama proses instalasi Windows berlangsung, maka Anda dapat duduk menunggu dan santai.

c. Pada menit ke-33  kita akan dihadapkan pada Regional and Language Option maka kita tekan Next saja.
d. Setelah  kita menekan tomol Next maka akan di tampilkan speri di bawah, isilah nama dan organisasi sesuai dengan keinginan Anda kemudian tekan Next.
e. Isilah Product Key dari Micosoft untuk Windows XP Professional, kemudian tekan Next.

 f. Kemudian muncul screen Computer Name and Administrator Password, maka isilah pada Computer name sesuai dengan keinginan Anda, untuk Administrator password boleh diisi boleh juga  tidak diisi, kemudian tekan Next.
g. Muncul lagi screen Date and Time Settings, sesuaikan hari, tanggal, bulan, dan tahun sekarang secara default biasanya untuk pengaturan  Date & Time sudah sesuai dengan waktu kita menginstal, yang perlu kita cermati adalah pada Time Zone kita harus mengubahnya menjadi “Bangkok, Hanoi, Jakarta” karena kita tinggal di wilayah Indonesia. Apabila kita salah melakukan penyetingan pada bagian ini maka kita dapat mengubahnya setelah proses instalasi Windows XP selesai, kita mengubahnya lewat Control Panel Windows XP. Setelah semuanya diisi maka tekan Next.
h. Proses instalasi Windows XP akan dilanjutkan.

i. Selanjutnya akan muncul screen Networking Settings, pilih Typing setting dan tekan Next.

Pada beberapa komputer ada juga yang secara Networking Settings ini tidak muncul. Jika muncul screen seperti di depan maka kita langsung saja tekan Next.

j. Proses instalasi Windows XP akan dilanjutkan dan kita dapat menungguhnya dengan santai.

k. Proses instalasi akan berjalan terus sampai pada menit ke-1 dan komputer akan melakukan restart.


l. Setelah komputer restart maka instalasi Windows XP sudah selesai dan Windows XP akan melakukan booting untuk pertama kalinya.

m. Komputer booting pertama kali pada operasi Windows XP.
n. Tampilan Windows XP
.Setelah selesai, biasanya Windows akan melakukan penyesuaian setting dan konfigurasi pada PC Anda. Pada proses ini akan dilakukan proses setting dan konfigurasi hardware, konfigurasi tanggal dan jam serta letak geografis tempat di mana Anda berada, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan PC Anda saat menginstal Windows.
Khusus untuk setting dan konfigurasi hardware pada komputer, terdapat istilah Plug and Play yang artinya bahwa bila suatu device/hardware ditancapkan dalam komputer dan kemudian komputer dinyalakan, maka otomatis Windows akan mendeteksi device tersebut, selanjutnya bila Windows telah memiliki driver-nya Windows akan langsung menginstalnya termasuk setting-nya, bila Windows tidak memilikinya maka Windows akan meminta driver device tersebut.
Periferal yang landsung dideteksi Windows, misalnya mouse, keyboard, CD-ROM, beberapa VGA card dan sound card, dan beberapa device lain.
Windows yang kita install ini hanyalah merupakan sebuah operating system bagi PC, sedangakan software-software aplikasi yag akan kita gunakan, kita harus menginstalnya terlebih dahulu (untuk proses penginstalannya hamper mirip dengan proses install pada Windows). Begitupun jika kita ingin menghapus suatu aplikasi, kita tidak dapat dengan del-del saja, tetapi harus  mengikuti prosedur berupa uninstall  karena bila kita main-main dengan del, akan terjadi kekacauan pada system karena ada missing link atau resources yang digunakan oleh beberapa program.

Ditulis Oleh : kevin // 11:18 am
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar..